Pabrik MTI 2016 day 3

Materi pertama yang kami dapatkan adalah inovasi, yang dibawakan oleh dua pembicara. Pembicara pertama adalah Bapak Fiki Satari, beliau adalah orang luar biasa yang memiliki segudang prestasi dan kemampuan, beliau adalah seorang pengusaha, dosen, dan juga konsultan. Beliau memberitahu kami banyak fakta yang belum kami ketahui, salah satunya adalah 64,8% warga bandung adalah pemuda atau orang berusia di bawah 40 tahun, dan karena hal itu juga Bandung dinobatkan sebagai salah satu kota kreatif dunia. Bandung dinobatkan sebagai kota kreatif bukan dari gedung, tempat, dan fasilitasnya yang memiliki nilai seni ataupun kreatif, namun karena warga Bandung memiliki banyak sekali potensi kreatif. Namun, ada salah satu fakta mengerikan yang disampaikan, yaitu kenyataan bahwa beberapa kafe yang ada di bandung dimiliki oleh hanya 1 orang, 2 buah mall terkenal di Bandung dimiliki oleh perorangan, dan 20 hotel dimiliki oleh 1 orang. Lalu dimana peran pemuda? Pemuda berperan sebagai konsumen dan terkadang berperan sebagai seorang pelayan ataupun kasir. Bandung sangat terkenal dengan budayanya yang suka nongkrong. Bayangkan jika pemuda bandung memiliki pemikiran yang sama untuk berinovasi memajukan kesejahteraan masyarakat, pasti hasilnya akan menjadi sangat baik. Dan kita seorang mahasiswa diharapkan mampu menjadi perintis pergerakan inovasi berasakan empati.

Pembicara kedua adalah Kak Iwan, beliau pemuda luar biasa yang memiliki kemampuan public relation sangat baik, dan mampu menarik perhatian banyak orang. Beliau mengatakan inovasi bukanlah sesuatu yang sulit, hal yang sederhana sekalipun asalkan menyelesaikan masalah dan kita menjadi orang pertama yang melakukannya kita sudah bisa dikatakan berinovasi. Dan inovasi zaman sekarang sangatlah dibutuhkan, mengingat begitu banyaknya saingan seperti usaha penjualan kopi. Yang perlu kita ingat adalah kita harus menanbah value dari sebuah komoditas, karena sekarang orang datang ke kafe untuk membeli kursi, meja, dekorasi, style tempat, dan akhirnya adalah brand kita. Inovasi juga dibutuhkan untuk membuat orang orangnya peduli terhadap lingkungan dan barang yang mereka jual, seperti kripik pedas, memiliki banyak hal baru seperti kemasan jual dan tempat berdagangnya. Inovasi itu simple.

Saya setelah mendengarkan cerita ini merasa sadar akan keinginan saya lagi yang sesungguhnya. Saya juga ingin berinovasi dan ingin membantu menyelesaikan permasalahan kota.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s